BLOG SABat = SABtu?

Judul tulisan ini terkesan dangkal & seolah2 menggampangkan antara miripnya bunyi pengucapan hari Sabat dengan hari sabtu.

Saya pribadi sebetulnya kurang nyaman untuk menuliskan blog ini berhubung sejak awal memulai blogging saya sudah berjanji untuk membuat tulisan2 yang sifatnya universal & tidak menjurus ke agama.

Tetapi saya merasa ada sebuah “panggilan” sehingga nilai2 pribadi pun harus saya singkirkan!

Sejak dulu sewaktu masih kanak2, sudah timbul di dalam pikiran saya bahwa Sabat itu mungkin hari sabtu (berhubung miripnya bunyi pengucapan antara kedua kata tersebut).

Namun dari dulu juga saya sudah memahami secara intuitif bahwa kemiripan bunyi antara dua buah kata tidak dapat dijadikan dasar pembenaran untuk menghubungkan makna antara yang satu dengan yang lainnya.

Puluhan tahun berlalu & seperti kebanyakan orang2, saya telah menganggap & menerima bahwa Sabat itu adalah hari minggu.

Namun ketika salah seorang kakak saya berpindah memeluk agama Kristen sehingga menimbulkan kontroversi (berhubung beliau satu2nya di keluarga yang memutuskan untuk memeluk agama Kristen) maka saya merasa perlu untuk melihat sendiri gerejanya agar memperoleh pemahaman yang lebih obyektif daripada sekedar mengkritik berdasarkan bayangan yang ada di dalam benak semata2.

Kritikan tersebut timbul karena kakak saya semenjak memeluk agama barunya percaya bahwa hari sabtu adalah Sabat oleh sebab itu dia putuskan untuk beribadah pada hari tersebut & tidak bekerja.

Sebetulnya keyakinan atas hari Sabat tersebut belum menimbulkan kontroversi sengit namun berhubung pasangannya menganut kepercayaan yang lain & beranggapan bahwa hari Sabtu adalah hari kerja biasa maka yang bersangkutan merasa keberatan dengan perubahan tersebut apalagi setelah puluhan tahun berumah tangga!

Mereka memiliki usaha yang bergerak di perdagangan yaitu membuka beberapa buah toko & berhubung saya pernah memiliki toko, saya memaklumi kerepotan pasangannya jika kakak saya malah tidak bekerja pada hari sabtu (pemilik toko apa pun juga pasti mengetahui bahwa hari sabtu adalah salah satu hari yang terbanyak menerima kunjungan orang untuk berbelanja).

Ketika saya mendatangi gereja kakak saya, saya tercengang2 oleh sebuah fakta singkat yang dia tunjukkan di dalam Alkitab mengenai hari Sabat yang selama ini luput dari pengamatan saya sendiri setelah sekian lama!

Saya sendiri telah membaca Alkitab yang tebalnya ribuan halaman tersebut hingga selesai namun belum pernah menemukan satu kalimat pun yang secara eksplisit menunjuk Sabat ke hari tertentu (baik itu sabtu maupun minggu).

Nah, bagi pemeluk agama nasrani silahkan buka Alkitab pada bagian terakhir yaitu kamus & carilah kalimat: hari persiapan → yaitu hari sebelum hari Sabat, jadi hari jumat.

Dari fakta singkat tersebut, tidak membutuhkan pemikiran jelimet untuk menyadari hari apakah hari Sabat itu bukan?

Sebagai pemeluk salah satu aliran nasrani yang meskipun terbesar namun paling dicela oleh aliran2 lain bahkan oleh kakak saya sendiri..he..he (berhubung sejarahnya pada abad pertengahan dimana kekuasaannya sangat besar tanpa adanya oposisi sehingga menjadi korup) maka uji silang mengenai hari Sabat saya rujuk kepada seorang kawan dari aliran Protestan yang paling diakui sebagai pelopor utama reformasi di dalam agama nasrani.

Saya terheran2 ketika mendengarkan bahwa Sabat yang dia ikuti adalah hari minggu berdasarkan perhitungan bahwa hari pertama di dalam kalendar adalah hari senin maka hari ketujuh jatuh pada hari minggu (agama nasrani mempercayai bahwa hari ketujuh adalah Sabat).

Yang mebuat saya terheran2 justru bukan karena hari Sabat yang dia akui adalah hari minggu

tetapi

dasar perhitungannya bukan menggunakan Alkitab tetapi kalendar!

Persis seperti itu pemikiran saya di masa lalu jika ada yang bertanya mengenai perhitungan hari Sabat.

Seperti yang kita ketahui bersama, kalendar yang kita gunakan selama ini adalah produk dari manusia fana semenjak benua Amerika maupun Australia belum ditemukan.

Tepatnya kalendar adalah turunan dari kerajaan Romawi kuno yang pernah menguasai benua Eropa & kemudian tersebar hingga ke benua Amerika sebagai kolonisasi masa lampau dari kerajaan Spanyol serta ke benua Australia melalui kerajaan Inggris (bahkan di Indonesia melalui kerajaan Belanda).

Bagi yang pernah mempelajari sejarah dunia tentu mengetahui bahwa ditetapkannya hari minggu sebagai hari Sabat terjadi pada jaman kerajaan Romawi kuno di bawah rajanya (ironisnya) yang pertama kali menganut agama nasrani yaitu Konstantin Agung.

Sistem kalendar Romawi kuno sendiri mengadopsi satuan waktu mingguan dari kalendar bangsa Yahudi yang pernah menjadi jajahan dari imperium Romawi di masa lampau.

Jika ditelusuri lebih jauh ke belakang maka kalendar bangsa Yahudi (bangsa yang merupakan sumber dari perjanjian lama/hukum taurat di dalam agama nasrani) mengajarkan bahwa hari Sabat adalah hari sabtu.

Ada pula informasi yang saya temukan di internet bahwa Sabat hanya berlaku untuk bangsa Yahudi saja atau bagian dari hukum taurat/perjanjian lama dimana umat nasrani tidak perlu lagi tunduk dibawahnya sebab sudah dibebaskan oleh Yesus melalui perjanjian baru. Yang lain mengatakan bahwa hari minggu digunakan sebab merupakan kemenangan Yesus atas maut.

Malah timbul tudingan bahwa biang kerok pertentangan atas hari Sabat adalah aliran agama saya di masa lampau yang merupakan induk dari seluruh gereja (sepertinya lebih tepat dialamatkan kepada oom Konstantin?) bahkan muncul kubu antara yang mengakui Sabat sebagai sabtu maupun golongan yang berpegang kepada hari minggu, sehingga pertikaian sudah bergeser bukan lagi antar aliran!

Saya tidak menyalahkan pemikiran kawan saya yang sebetulnya bersumber dari raja Konstantin yang entah kenapa memutuskan bahwa Sabat adalah hari minggu tetapi jika kita masing2 berusaha menyelidiki dengan sungguh2 apa yang sudah tertanam di dalam benak selama ini & telah diterima beramai2 sebagai “kebenaran” maka kita akan menemukan jawabannya.

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: