META PROGRAM

Iseng-iseng saya membaca buku karangan Tony Robbins & menemukan satu topik yang menurut saya cukup akurat dalam menjelaskan perilaku manusia.

Hal tersebut adalah meta program, singkatnya merupakan sesuatu yang diyakini oleh seseorang & tertanam/terprogram  di dalam benaknya sehingga menjadi acuan otomatis di dalam menyikapi sesuatu.

Meta program dibagi menjadi 7 pola utama sebagai berikut:

  • Mendekat atau menjauh
  • Internal atau eksternal
  • Sosial atau individual
  • Mencocokkan atau Membedakan
  • Strategi untuk meyakinkan
  • Kebutuhan atau peluang
  • Independen atau kooperatif
  •  

    1. Mendekat atau menjauh

    Pernahkah anda menjumpai orang-orang yang meski tidak anda kenal namun dengan mudah menjalin hubungan persahabatan? Orang-orang seperti itu termasuk kategori mendekat, dimana mereka secara otomatis memiliki kecenderungan untuk mendekati hal-hal yang menarik di mata mereka tanpa membutuhkan upaya ekstra dari sisi anda untuk memperkenalkan diri.

    Bagaimana dengan tipe orang yang dengan susah payah anda kenalkan terhadap orang lain yang menurut anda akan menjadi pasangan sempurna baginya namun tanggapannya dingin-dingin saja? Kemungkinan anda belum memahami meta program yang bersangkutan, dimana ia termasuk golongan yang menjauh.

    Strategi untuk menghadapi orang-orang seperti ini berlawanan dengan tipe mendekat, dimana orang-orang yang tipenya mendekati termotivasi oleh keuntungan-keuntungan yang mereka bisa dapatkan namun untuk tipe menjauh mereka lebih menerima pendekatan yang bisa menjelaskan resiko-resiko yang bisa mereka hindari.

    2. Internal atau eksternal

    Beberapa orang memiliki pemikiran sendiri & seolah-olah apa yang terjadi dunia luar tidak dianggap namun ada juga orang-orang yang dapat menerima tanpa kesulitan sebuah konsensus umum.

    Tipe yang pertama bukanlah orang-orang yang menyebalkan apabila anda tahu apa yang diyakininya & menyelaraskan hal tersebut dengan keinginan anda sendiri.

    Namun bagi orang-orang yang tidak mengetahui meta program orang tersebut, sering merasa seperti membentur kereta api (tugas anda sebetulnya adalah melihat kemana arah yang ia tuju/yakini kemudian selaraskanlah dengan tujuan anda sendiri).

    3. Sosial atau individual

    Ada orang yang tergerak oleh motivasi-motivasi sosial seperti membantu orang lain namun ada pula yang hanya tergerak apabila hal-hal tersebut mendatangkan keuntungan bagi dirinya.

    Jenis orang yang disebutkan belakangan sepertinya sangat menjengkelkan namun trik menghadapinya sebetulnya sederhana, sama seperti point nomor 2 yaitu dengan memastikan kepentingan pribadinya terpenuhi apabila ia harus diikutkan dalam sebuah kegiatan sosial dikarenakan fungsinya yang strategis misalnya sebagai donatur yang memang sangat dibutuhkan.

    4. Mencocokkan atau membedakan

    Di dalam melihat berbagai macam peristiwa terkadang kita menjumpai orang-orang yang berkata bahwa si anu mirip dengan si ini atau sebaliknya orang-orang yang selalu bisa menjelaskan perbedaan antara dua anak kembar identik sekalipun!

    Orang-orang yang pertama cenderung termotivasi oleh fakta-fakta yang menunjukkan kemiripan atau kesamaan namun jangan sekali-kali mencobanya untuk golongan yang terakhir.

    Pendekatan terhadap tipe yang mencari perbedaaan adalah dengan menyodorkan hal-hal alternatif atau variatif & membiarkan mereka mengambil keputusannya sendiri.

    Salah satu contoh untuk menjelaskan fenomena ini adalah tipikal pelanggan kain di pasar tanah abang dimana sebagian pelanggan cenderung memilih satu jenis bahan/corak kain kemudian mencari jenis-jenis kain yang memiliki kemiripan (tipe mencocokkan) & sebagian lainnya cenderung ingin melihat sebanyak mungkin jenis-jenis kain yang berbeda-beda (tipe membedakan).

    5. Strategi untuk meyakinkan

    Setiap orang memiliki cara masing-masing di dalam mempercayai sesuatu.

    Ada orang yang cukup mendengarkan penjelasan dari seorang sales lewat telepon misalnya, sudah dapat mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk.

    Sebagian lagi perlu melihat dengan mata kepala sendiri produk tersebut sebelum yakin untuk mengambil keputusan membeli.

    Ada lagi yang perlu memegang/menyentuh & mencoba produk yang bersangkutan sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.

    6. Kebutuhan atau peluang

    Meta program yang keenam menjelaskan perilaku seseorang didalam menyikapi suatu masalah.

    Tipe yang pertama melihat sesuatu misalkan benda, katakanlah pompa air untuk mencuci mobil akan mendasarkan keputusannya untuk membeli berdasarkan kebutuhannya.

    Jika yang bersangkutan merasa bahwa pompa tersebut tidak dibutuhkannya maka ia tidak akan membelinya.

    Tipe peluang memiliki kecenderungan yang berbeda dimana ia bisa saja membeli pompa tersebut meski tidak memiliki mobil sekali pun dikarenakan peluang yang dilihatnya yaitu dalam bentuk usaha cuci mobil.

    7. Independen atau kooperatif

    Sebagian orang lebih produktif jika dibiarkan bekerja sendirian & sebagian lagi memiliki kecenderungan lebih bergairah jika ditempatkan dengan orang lain di dalam menggarap sesuatu.

    Orang-orang yang termasuk golongan pertama bukanlah jenis orang yang harus dipaksa untuk bekerja sama jika memang terbukti ia jauh lebih produktif apabila bekerja seorang diri (fakta ini menjelaskan fenomena ketika sebuah grup band dengan prestasi biasa-biasa saja bubar namun salah seorang anggotanya yang memilih bersolo karir tiba-tiba menjulang kesuksesan).

    Inti dari meta program ini adalah menyadari fakta bahwa setiap orang memang berbeda-beda & tidak boleh divonis beramai-ramai atau dipaksa berubah menurut ukuran sosial.

    Sebaliknya meta program menawarkan suatu metode yang memampukan kita memahami & mengembangkan serta memanfaatkan potensi dari kecenderungan orang yang berbeda-beda.

    2 Responses to “META PROGRAM”

    1. Nazrul Alfiansyah Says:

      All in One SEO Pack! Plugin Mesin WordPressku…

      Posting ini menarik. Sehingga saya menambahkan Trackback untuk blog saya. Terimakasih!…

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s


    %d bloggers like this: