Sir Tim Berners-Lee, Pendiri WWW yang Rendah Hati

 LONDON – Sebagian besar dari pengguna internet jika ingin membuka situs, hampir dipastikan akan mengetikan awalan berupa WWW. Meski sepele, huruf W kembar itu mempunyai makna dalam yang mengubah segalanya tentang jagad maya.


WWW yang berarti World Wide Web digagas salah satunya oleh Sir Tim Berners-Lee. Tepat pada tanggal 13 Maret 1989, pria asal Inggris tersebut menemukan ‘rumus’ yang menjadi kerangka internet, sehingga mengubah kebudayaan dan perkembangan manusia hingga saat ini.
Kini, setelah 20 tahun kemuculan WWW untuk pertama kalinya, Tim Berners-Lee tidak pernah puas untuk menelurkan ide-idenya yang lain. Karena tujuan lelaki kelahiran London, Inggris ini ingin terus menyumbangkan inovasi yang tidak terduga, demi kemajuan peradaban.

Read Write Tab, Selasa (17/3/2009), melaporkan kalau dirinya saat ini memiliki konsep baru, yang disebutnya sebagai “Linked Data”. Dengan Linked Data, akan ada pembaharuan web yang lebih efisien, dan terarah. Ini sesuai dengan visi dan misinya yang diungkapkan pada 2006 lalu.

Meski telah mempunyai gelar kebangsawanan dengan harta yang berlimpah. Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini. Bahkan, hingga saat ini World Wide Web tidak pernah dipatenkannya. Sehingga masih dapat digunakan secara bebas.

Reff  :Gunadarma.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: